Jumat, 10 April 2015

MAKALAH BK (DASAR, PRINSIP DAN PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Manusia adalah mahluk filosofis, artinya manusia mepunyai pengetahuan dan berpikir, mausia juga memiliki sifat yang unik, berbeda dengan mahluk lain dalam pekembanganya. Implikasi dari kergaman ini ialah bahwa individu memiliki kebebasan dan kemerdekaan untuk memilih dan megembangkan diri sesuai dengan keunikan ataua tiap – tiap pontensi tanpa menimbulkan konflik dengan lingkungannya. Dari sisi keunikan dan keragaman idividu, maka diperlukanlah bimbingan untuk membantu setiap individu mencapai perkembangan yang sehat didalam lingkungannya ( Nur Ihsan, 2006 : 1)
Pada dasarnya bimbingan dan konseling juga merupakan upaya bantuan untuk menunjukan perkembangan manusia secara optimal baik secara kelompok maupun idividu sesuia dengan hakekat kemanusiannya dengan berbagai potensi, kelebihan dan kekurangan, kelemhan serta permaslahanya.
Adapun dalam dunia pendidikan, bimbingan dan konseling juga sangat dipelukan karena dengan adanya bimbingan dan konseling dapat mengantarkan peserta didik pada pencapai Standar dan kemampuan profesional dan Akademis, serta perkembangan dini yang sehat dan produktif dan didalam bimbinganya dan konseling selian ada pelyanan juga ada prinsip – prinsipnya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja dasar-dasar bimbingan dan konseling?
2.      Apa saja prinsip-prinsip bimbingan dan konseling?
3.      Pendekatan apa yang harus dilakukan konselor terhadap kliennya guna menyelesaikan masalah klien tersebut?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui dasar bimbingan dan konseling
2.      Untuk mengetahui prinsip-prinsip bimbingan dan konseling

3.      Untuk mengetahui cara pendekatan konselor terhadap kliennya



KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar