Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH FILSAFAT ILMU (FILSAFAT LANDASAN PENDIDIKAN)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang menunjang keberlangsungan pendidikan dan membantu untuk  memudahkan para pendidik untuk menjalankan pembelajarannya. Oleh karena itu kurikulum sering dibicarakan dalam dunia pendidikan apalagi pendidikan yang sifatnya formal, tapi tidak mudah untuk menjalankan kurikulum tersebut karena banyak permasalahan-permasalahan yang seharusnya dirumuskan dengan teliti dan pemikiran yang mendalam.
Dalam hal ini kurikulum membutuhkan satu ilmu yang pemikirannya bersifat mendalam, maka dari itu kurikulum mempunyai satu landasan, yaitu landasan filosofis. Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum menentukan kualitas peserta didik yang akan dicapai kurikulum, sumber dan isi dari kurikulum, proses pembelajaran, posisi peserta didik, penilaian hasil belajar, hubungan peserta didik dengan masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya.
Hal ini tentunya akan membawa efek pada proses pembelajaran ketika kurikulum tanpa adanya sebuah landansan yang menjadi landasan dalam kurikulum tidak lepas dari tiga landasan yaitu, landasan filosofis, landasan psokologis dan landasan sosiologis.
Berdasarkan masalah diatas maka penulis tertarik dengan sebuah judul Landas Filosofis Pengembangan Kurikulum.
B.     Rumusan Maslah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka ada beberapa rumusan masalah yang menjadi pembahasan berikut ini :
1.      Apa yang dimaksud filsafat sebagai sumber tujuan pengembangan kurikulum ?
2.      Bagaimana filsafat sebagai landasan isi/materi pendidikan ?
3.      Mengapa filsafat sebagai landasan proses pendidikan ?
C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.        Mengetahui filsafat sebagai sumber tujuan pengembangan kurikulum.
2.        Mengetahui filsafat sebagai landasan isi/materi pendidikan.

3.        Mengetahui filsafat sebagai landasan proses pendidikan.


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar