Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN (PENTINGKAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan bagaikan pintu gerbang menuju ilmu pengetahuan. Tanpa pendidikan, manusia tidak akan berkembang dengan baik, karena kinerja otak yang dimiliki tidak diisi dengan pelbagai macam pengetahuan dan tidak pernah digunakan untuk berpikir. Dalam hal ini, peran guru atau pendidik untuk dapat memperbaiki makhluk yang mulia yaitu manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya. Artinya manusia yang memiliki akhlak mulia, berilmu, dan beriman.
Dalam lembaga pendidikan, terdapat lembaga formal, non-formal, dan informal yang diperuntukan untuk tempat menuntut ilmu pengetahuan. Diadakannya lembaga-lembaga ini, merupakan upaya untuk menanggulangi manusia yang keluar dari norma-norma atau aturan-aturan dalam kehidupan masyarakat. Sekarang ini, sudah banyak ilmu-ilmu yang dapat dipelajari yang berhubungan dengan kemampuan kognitif, efektif, dan psikomotor.
Salah satu pendidikan yang diajarkan di sekolah adalah Pendidikan Agama Islam (PAI), pendidikan ini membahas tentang pelbagai ilmu pengetahuan yang terkait agama Islam yang ditunjukan kepada manusia agar dapat berperilaku sesuai dengan aturan-aturan syari’at. Dengan diadakannya pendidikan Agama Islam di sekolah, diharapkan peserta didik nantinya memiliki keimanan kepada Allah Swt., akhlak yang mulia, dan menciptakan hubungan yang baik dengan Allah, manusia, dan alam serta melaksanakan perintah Allah Swt., dan menjauhi semua larangan-Nya. Tetapi, muncul sebuah pertanyaan, seberapa pentingkah pendidikan agama Islam ? untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, kami akan membahasnya dalam makalah yang berjudul “Pendidikan Agama Islam, Pentingkah ?
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan pendidikan agama Islam ?
2.      Bagaimana tujuan, fungsi, dan landasan pendidikan agama Islam ?

3.      Mengapa pendidikan agama Islam menjadi begitu penting dalam pendidikan ?


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar