Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM (ILMU PENDIDIKAN ISLAM)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Perkembangan pendidikan dewasa ini mengalami krisis. Hal ini dikarenakan ada dua orientasi yang berbeda yakni pendidikan umum dan pendidikan Islam. Namun demikian, Islam sebagai agama wahyu mengandung ajaran-ajaran yang bersifat universal, dan tidak pernah mengenal dikotomi ilmu pengetahuan. Potret sejarah peradaban dunia, umat Islam pernah mengukir prestasi dan prestise yang gemilang dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Maka, hal ini bisa merupakan suatu motivasi kuat untuk bisa mengambil kejayaan di masa silam.
Dengan adanya pendidikan Islam yang benar-benar berdasarkan keilmuan yang terkandung di dalamnya, pastinya akan melahirkan sesuatu yang efektif dan bermanfaat bagi diri dan lingkungan. Tidak dapat dipungkiri, ilmu pendidikan Islam merupakan suatu kajian yang wajib untuk di telaah, dipelajari, kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan agar kehidupan bisa menjadi berkembang kea rah yang lebih baik. Apabila ilmu pendidikan Islam dipahami dengan benar dan baik, maka kemanfaatan luar biasa yang akan diperoleh. Oleh karena itu, penting kiranya untuk mendalami ilmu pendidikan Islam dengan hakikat-hakikat yang terkandung di dalamnya.
Selain itu, ilmu pendidikan islam juga memberikan kontribusi penuh mengenai kependidikan secara universal bagi keberlangsungan kedewasaan hidup manusia yang berada dalam Ridha-Nya. Hal ini disebabkan, hakikat dari ilmu pendidikan Islam bukan hanya sekedar wacana dan teori pendidikan, melainkan menerobos dan mendalami lebih jauh lagi tentang bagaimana kehidupan manusia di berbagai bidang untuk tetap selaras dan sesuai dengan aturan aturan keilmuan Islam. Sehingga, kehidupan tidak akan menjadui semrawut yang tak tentu arah. Tentu hal ini memerlukan dukungan dan sokongan penuh dari para pelaku pendidikan Islam terutama untuk memiliki tekad dan semangat dalam memajukan pendidikan yang berbalut keilmuan Islam, agar tercipta kehidupan yang lebih baik.
Berdasarkan pernyataan dan fakta di atas, maka penulis tertarik untuk membuat sebuah makalah dengan judul “Pengertian, Ruang Lingkup, dan Kegunaan Ilmu Pendidikan Islam”.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan Ilmu Pendidikan Islam ?
2.      Bagaimana Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam ?
3.      Apa saja kegunaan Ilmu Pendidikan Islam ?
C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebgai berikut:
1.      Mengetahui yang dimaksud dengan Ilmu Pendidikan Islam.
2.      Mengetahui ruang lingkup Ilmu pendidikan Islam.

3.      Mengetahui kegunaan Ilmu Pendidikan Islam.


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar