Kamis, 09 April 2015

MAKALAH PKN (IDENTITAS NASIONAL DAN GLOBALISASI)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
       Identitas Nasional dan Globalisasi dimaksudkan sebagai alatkomunikasi dan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan terkhusus dalam lingkungan perguruan tinggi yang mempunyai perhatian yang tetap terhadap kemajuan kehidupan bangsa. Dengan demikian tugas semacam ini diharapkan dapat dijadikan sebagai tradisi positif terhadap upaya pengembangan generasi bangsa di masa yang akan datang.
       Kata identitas berasal dari bahasa Inggris “identity” yang memiliki pengertian ciri-ciri, tanda atau jatidiri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan orang lain. Sedangkan kata nasional merupakan identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang lebih besar yang diikat oleh kesamaan-kesamaan baik fisik seperti budaya, cita-cita, dan tujuan.Jadi, “Identitas nasional” adalah identitas suatu kelompok masyarakat yang memiliki ciri dan melahirkan tindakan secara kolektif yang diberi sebutan nasional.
Kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal.Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekadar definisi kerja (working definition), sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa Hakikat dan Dimensi Identitas Nasional?
2.      Apasaja Unsur-unsur Pembentuk Identitas Nasional?
3.      Apa Globalisasi dan Ketahanan Nasional?
4.      Apa Multikulturalisme: Antara Nasionalisme dan Globalisasi?
1.3  Tujuan
1.      Penulis ingin mengetahui Hakikat dan Dimensi Identitas Nasional
2.      Penulis ingin mengetahui Unsur-unsur Pembentuk Identitas Nasional
3.      Penulis ingin mengetahui Globalisasi dan Ketahanan Nasional

4.      Penulis ingin mengetahui Multikulturalisme: Antara Nasionalisme dan Globalisasi

KLIK



Tidak ada komentar:

Posting Komentar