Jumat, 10 April 2015

MAKALAH PENGELOLAAN PENDIDIKAN (PENGELOLAAN KURIKULUM)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kurikulum merupakan suatu sistem yang mempunyai komponen-komponen yang saling berkaitan erat dan menunjang satu sama lain. Komponen-komponen kurikulum tersebut terdiri dari tujuan, materi pembelajaran, metode, dan evaluasi. Dalam bentuk sistem ini kurikulum  akan berjalan menuju suatu tujuan pendidikan dengan adanya saling kerja sama diantara seluruh subsistemnya. Apabila salah satu dari variabel kurikulum tidak berfungsi dengan baik maka sistem kurikulum akan berjalan kurang baik dan maksimal.
Berangkat dari bentuk kurikulum tersebut, maka dalam pelaksanaan kurikulum sangat diperlukan suatu pengorganisasian pada seluruh komponennya. Dalam proses pengorganisasian ini akan berhubungan erat dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan. Sedangkan manajemen adalah salah satu displin ilmu yang implikasinya menerapkan proses-proses tersebut.Maka dalam penerapan pelaksanaan kurikulum, seorang yang mengelola lembaga pendidikan harus menguasai ilmu manajemen, baik untuk mengurus pendidikan ataupun kurikulumnya. Dalam makalah ini penulis akan menerangkan tentang penerapan manajemen dalam pelaksanaan kurikulum.
Sesuai dengan kegiatan pengelolaan kurikulum tersebut, penyajiaanya akan diurutkan mulai dari perencaan. Namun terlebih dahulu akan dijelaskan dan dibatasi oleh pengertian kurikulum.
Pengelolaan kurikulum berkaitan dengan pengelolaan pengalaman belajar yang membutuhkan stretegi tertentu sehingga menghasilkan produktifitas belajar bagi siswa. Dengan demikian, kami ingin memberikan masukan dan pemaparan dalam suatu pengelolaan kurikulum. Dan kami berniat untuk membuat suatu makalah yang berjudul Pengelolaan Kurikulum.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian pengelolaan kurikulum itu ?
2.       Bagaimana Ruang lingkup pengelolaan Kurikulum?


3.      Bagaimana  peran, prinsip dan fungsi kurikulum ?
4.      Bagaimana  landasan pengembang kurikulum ?
C.    Tujuan Makalah
Tujuan Penulisan Makalah Sejalan dengan rumusan masalah di atas, makalah ini disusun dengan tujuan untuk :
1.      Mengetahui definisi kurikulum yang sebenarnya.
2.      Memahami ruang lingkup pengelolaan kurikulum.
3.      Memahami prinsip-prinsip dan fungsi dalam pengelolaan kurikulum



KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar