Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH PENGEMBANGAN KURIKULUM (PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang menunjang keberlangsungan pendidikan dan membantu untuk  memudahkan para pendidik untuk menjalankan pembelajarannya. Oleh karena itu kurikulum sering dibicarakan dalam dunia pendidikan apalagi pendidikan yang sifatnya formal, tapi tidak mudah untuk menjalankan kurikulum tersebut karena banyak permasalahan-permasalahan yang seharusnya dirumuskan dengan teliti dan pemikiran yang mendalam.
Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Di dalam kelas guru malaksanakan dua kegiatan pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas. Di kelas juga segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasanya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas. Guru harus memiliki, memahami dan terampil dalam menggunakan macam-macam pendekatan dalam manajemen kelas, meskipun tidak semua pendekatan yang dipahami dan dimilikinya dipergunakan bersamaan atau sekaligus. Dalam hal ini, guru dituntut untuk terampil memilih atau bahkan memadukan pendekatan yang menyakinkan untuk menangani kasus manajemen kelas yang tepat dengan masalah yang dihadapi. 
Oleh karena itu, pada kesempatan yang berharga ini, penulis menyusun suatu makalah dengan judul “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM”.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dibahas adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana guru sebagai pendidik profesional ?
2.    Bagaimana guru sebagai pembimbing belajar ?
3.    Apa peranan guru dalam pengembangan kurikulum ?


C.    Tujuan
Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar kita sebagai calon guru dapat:
1.    Berperan sebagai pendidik profesional.
2.    Berperan sebagai pembimbing belajar.

3.    Mengetahui peran seorang guru dalam pengembangan kurikulum.



KLIK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar