Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH PENGEMBANGAN KURIKULUM (LANDASAN PSIKOLOGIS DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam proses pengembangan sebuah kurikulum banyak hal yang perlu diperhatikan, diantaranya landasan dalam pengembangannya. Landasan pengembangan kurikulum diantaranya, landasan fisiologis, landasan psikologis, landasan sosial dan budaya, maupun landasan filosofis pengembangan kurikulum. Dari sekian landasan tersebut, penulis mencoba mengembangkan dan memaparkan landasan psikologis dalam pengembangan suatu kurikulum.
Kurikulum sebagai suatu program dan alat untuk mencapai tujuan pendidikan, mempunyai hubungan dengan proses perubahan perilaku peserta didik. Dalam hal ini kurikulum merupakan suatu program pendidikan yang berfungsi sebagai alat untuk mengubah perilaku peserta didik (peserta didik) ke arah yang diharapkan oleh pendidikan. Oleh sebab itu, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan asumsi–asumsi yang bersumber dalam bidang kajian psikologi.
Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri. Dengan sendirinya, akan berkibat pula terhadap kegagalan proses pengembangan manusia.
Landasan psikologis pengembangan kurikulum menuntut kurikulum untuk memperhatikan dan mempertimbangkan aspek peserta didik dalam pelaksanaan kurikulum sehingga nantinya pada saat pelaksanaan kurikulum apa yang menjadi tujuan kurikulum akan tercapai secara optimal. Sehingga unsur psikologis dalam pengembangan kurikulum mutlak perlu diperhatikan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut:
1.      Mengapa psikologi dijadikan landasan dalam pengembangan kurikulum?
2.      Bagaimana psikologi belajar dalam pengembangan kurikulum?
3.      Bagaimana psikologi perkembangan dalam pengembangan kurikulum?
C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka penulis mempunyai tujuan  sebagai berikut, sehingga kita mampu:
1.      Mengetahui mengapa psikologi dijadikan sebagai landasan dalam pengembangan kurikulum.
2.      Mengetahui bagaimana psikologi belajar dalam pengembangan kurikulum.

3.      Mengetahui bagaimana psikologi perkembangan dalam pengembangan kurikulum.



KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar