Sabtu, 11 April 2015

RESUME DAN RESENSI (PENDIDIKAN KAUM TERTINDAS “PAULO FREIRE“)


1.      Jenis buku
Judul  buku: Pendidikan Kaum Tertindas
Pengarang: Paulo Freire
Penerbit : LP3ES
Tahun terbit: 1985 cetakan pertama
Jumlah halaman: xvi+207
2.      Pembuka resensi
Buku ini menjelasakan tentang realita kaum tertindas dimana mereka yang terampas hak-haknya namun tidak hanya itu saja tapi buku ini juga menjelaskan bagaimana karakter kaum penindas dan tertindas serta bagaimana cara kaum tertindas agar bisa bebas tanpa menjadi seperti kaum penindas. Mengutip dari salah satu bab yang bertuliskan “pemimpin revolusioner harus menerapkan pendidikan ko-intensional. Guru dan murid (pemimpin dan rakyat) yang bersama-sama mengamati realitas, keduanya adalah subyek, tidak saja dalam tugas menyingkap realitas itu untuk dapat mengetahuinya secara kritis, tetapi juga dala tugas menciptakan kembali pengetahuan tentang realitas ini melalui pemikiran dan kegiatan bersama, mereka menyadari dirinya sebagai pencipta kembali pengetahuan yang tetap. Dengan cara ini, kehadiran kaum tertindas dalam perjuangan bagi pembebasannya akan sesuai dengan yang diharapkannya, bukan keikutsertaan semu, tapi keterlibatan sepenuh hati“. Dari kutipan tersebut bahwasannya keduanya harus bersama tanpa ketergantungan salah satu pihak.
3.      Jenis Buku
Buku ini merupakan suatu kajian tentang pendidikan dengan porsi filasafat. Buku ini juga merupakan sebuah refleksi mendalam mengenai jalan pembebasan manusia. Sebuah buku bagi siapa saja yang ingin tersadar bahwa penjajahan masa kini adalah penjajahan kesadaran.



KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar