Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH KEPRIBADIAN GURU (KODE ETIK GURU DAN PROFESI GURU)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Guru adalah seseorang yang sangat banyak memberikan pengaruh bagi seluruh manusia di dunia ini. Karena setiap orang pasti mempunyai gurunya masing-masing. Manager, Dokter, Pengusaha, Jurnalis, Profesor, bahkan seorang guru besar sekalipun pastilah sebelumnya mereka semua pernah dibimbing oleh guru yang sangat luar biasa hebatnya. Kepribadian mereka terbina karena bimbingan dari para guru-gurunya. Oleh karena itu, kita haruslah selalu bersyukur karena diberi kesempatan dipertemukan oleh-Nya dengan manusia-manusia tanpa pamrih itu yang sebenarnya sangat berhak mendapatkan pamrih.
Tetapi kenyataannya profesi guru pada saat ini masih banyak dibicarakan orang baik di kalangan para pakar pendidikan maupundi luar pakar pendidikan. Bahkan terakhir ini hampir setiap hari, media masa khususnya media massa cetak baik harian maupun mingguan memuat berita tentang guru. Ironisnya berita-berita tersebut banyak yang cenderung melecehkan guru baik yang sifatnya menyangkut kepentingan umum sampai kepada hal-hal yang sifatnya sangat pribadi, sedangkan dari pihak guru sendiri nyaris tak mampu membela diri.
Masyarakat/ orang tua murid kadang-kadang mencemoohkan dan menuding guru tidak komponen, tidak berkualitas dan sebagainya, manakala putra/putrinya tidak bias menyelesaikan persoalan yang ia hadapinya sendiri atau memiliki kemampuan tidak sesuai dengan keinginannya.
Faktor terpenting bagi seorang guru adalah etikanya. Itulah yang akan menentukan apakah ia menjadi pendidik dan pembina yang baik bagi anak didiknya, ataukah akan menjadi perusak atau penghancur bagi masa depan anak didik, terutama bagi anak didik yang masih kecil (tingkat sekolah dasar) dan mereka yang sedang mengalami kegoncangan jiwa (tingkat menengah).
Tingkahlaku atau moral guru pada umumnya, merupakan penampilan lain dari kepribadiannya. Guru adalah orang pertama sesudah orangtua, yang mempengaruhi pembinaan kepribadian anak didik. Kalaulah tingkah laku atau


akhlak guru yang tidak baik, pada umumnya akhlak anak didik akan rusak olehnya, karena anak mudah terpengaruh oleh orang yang dikaguminya. Dengan demikian atas dasar itulah, dalam pembuatan makalah ini kami kelompok dua akan membahas mengenai Kode Etik dan Profesi sebagai salah satu hal penting dari bagian kepribadian yang harus dimiliki seorang guru sebagai            suatu profesiresmi.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Kode Etik dan Profesi guru ?
2.      Seperi apa Kode Etik Guru itu ?
3.      Apa yang dimaksud dengan profesi guru ?

4.      Mengarah kemana pembentukan Kode Etik Profesi Guru itu ?


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar