Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH ILMU PENNDIDIKAN ISLAM (Memahami Syarat Pendidik dalam Islam)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam pendidikan Islam, pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peseta didik dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif (rasa), kognitif (cipta), maupun psikomotor (karsa).
Pendidik berarti juga orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan pertolongan kepada peserta didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya, agar mencapai tingkat kedewasaan, mampu mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah Allah dan mampu melakukan tugas sebagai mahluk sosial dan sebagai mahluk individu yang mandiri.
Pendidik adalah bapak rohani bagi peserta didik yang memberikan santapan jiwa dengan ilmu, pembinaan akhlak mulia, dan meluruskan perilaku yang buruk. Bahkan Al-Ghazali berkesimpulan bahwa pendidik disebut sebagai orang besar yang aktivitasnya lebih baik dari pada ibadah satu tahun (QS. At-Taubah: 122).
Pendidikan Islam sangat menekankan pendidik yang profesional, yaitu pendidik yang selain memilki kompetensi akademik, pedagogik, dan sosial, juga kompetensi kepribadian.

B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalanya:
1.      Apa pengertian syarat pendidik ?
2.      Apa saja prinsip pendidik ?
3.      Bagaimana sifat pendidik ?

4.      Bagaimana kompetensi pendidik dalam Islam ?


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar