Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH FILSAFAT ISLAM (Sejarah lahirnya filsafat Islam, Hubungan filsafat Islam dengan filsafat Yunani, pandangan orientalis dan pandangan sejarah islam tentang filsafat islam, dan sumber-sumber filsafat islam)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam sejarah pemikiran Islam Filsafat digunakan dalam berbagai kepentingan. Para ahli teologi Islam rasionalis misalnya menggunakan filsafat sebagai benteng dalam melindungi keimanan, khususnya dalam melawan para cendikiawan Yahudi dan Nasrani. Para filsafat muslim mencoba memadukan antara dasar-dasar keagamaan Islam dengan akal mereka. Filsafat dalam islam menurut sejarahnya diketahui merupakan sintesa (pengembangan) dari filsafat Yunani, hal ini Nampak dari para filosof Islam yang banyak mengambil pemikiran Aristoteles, Plato, Phytagoras, Plotinus dan beberapa filosof lainnya yang merupakan founding dalam dunia filsafat. Hal ini jugalah yang kemudian banyak mempengaruhi pemikiran mereka.
            Dari kenyataan yang ada, menunjukan hubungan filsafat Islam ada semacam pertautan, dan saling mengisi, antara filsafat islam disatu pihak dengan filsafat Yunani, sebagai gambaran meluas atas hasil pemikiran mendalam para pakar dan ahli filsafat dalam memahami dan membaca konteks kea lam-an yan ada (sebagai sebuah realitas dari sang pencipta).
Keberadaan kaum orientalisme bagi dunia Islam telah menimbulkan perdebatan panjang. Sebagian umat Islam menolak mentah-mentah terhadap kajian yang dilakukan oleh kaum orientalis, Sebagian umat Islam yang lain mengambil jalan kompromi, yaitu konsep-konsep Barat yang positif dimanfaatkan untuk memperkuat barisan Islam.
      Selain itu Tradisi Filsafat Yunani merupakan sumber awal kelahiran Filsafat-Filsafat lain, termasuk juga filsafat islam. Akan tetapi hubungan antara Filsafat Islam dan Filsafat Yunani tidak terjadi secara langsung tanpa perantara. Dalam hal ini, kebudayaan Hellenistik yang berkembang di Iskandariah adalah perantara itu.


Dari permasalahan-permasalahan yang telah penulis paparkan di atas, maka penulis akan mengemasnya dalam sebuah makalah yang bahasannya mencakup “Sejarah lahirnya filsafat Islam, Hubungan filsafat Islam dengan filsafat Yunani, pandangan orientalis dan pandangan sejarah islam tentang filsafat islam, dan sumber-sumber filsafat islam”
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa latar belakang lahirnya Filsafat Islam?
2.      Apa  saja Hubungan Filsafat Islam dengan Filsafat Yunani?
3.      Apa saja Pandangan orientalis dan pandangan sejarah Islam tentang filsafat Islam?
4.      Apa saja sumber-sumber filsafat Islam?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui latar belakang lahirnya Filsafat Islam
2.      Untuk mengetahui Hubungan Filsafat Islam dengan Filsafat Yunani
3.      Untuk mengetahui Pandangan orientalis dan pandangan sejarah Islam tentang filsafat Islam

4.      Untuk Mengetahui sumber-sumber filsafat Islam


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar