Jumat, 10 April 2015

MAKALAH FILSAFAT (FILSAFAT, ILMU KALAM, DAN TASAWUF)

BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Ilmu kalam merupakan disiplin ilmu yang mengedepankan pembicaraan tentang persoalan-persoalan kalam tuhan. Persoalan-persoalan kalam ini biasanya mengarah pada perbincangan yang mendalam dengan dasar-dasar argumentasi, baik rasional (aqliyah) maupun naqliyah. Argumentasi rasional yang dimaksud disini adalah landasan pemahaman yang cenderung  menggunakan metode berpikir filosofis. Pada ilmu kalam ditemukan pembahasan iman defenisi dan manifestasi serta batasannya.
Adapun pada ilmu tasawuf ditemukan pembahasan jalan atau metode praktis untuk merasakan keyakinan dan ketentraman, serta upaya menyelamatkan diri dari kemunafikan. Sememtara itu, filsafat adalah sebuah ilmu yang digunakan untuk memproleh kebenaran rasional. Metode yang digunakanpun adalah metode rasional.
Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf adalah ilmu yang dilahirkan dari persentuhan umat Islam dengan berbagai masalah sosiocultural yang dihadapi oleh masyarakat yang sedang berkembang kala itu, mencari dan mempertahankan kebenaran. Dari itu pula lahirlah para pakar dunia yang telah berhasil mempertahankan kebenaran mereka masing-masing, walaupun dengan cara atau jalan yang berbeda.
            Baik ilmu kalam, filsafat, maupun tasawuf berurusan dengan hal yang sama, yaitu mencari kebenaran. Ilmu kalam, filsafat, dan tasawuf juga memiliki hubungan, persaman dan perbedaan.
Maka dari itu, pada makalah ini penulis akan membahas mengenai hakekat Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf beserta hubungan ketiganya.
B.   RUMUSAN MASALAH

Dalam makalah ini, masalah-masalah yang akan diuraikan adalah:

1.    Apa yang dimaksud dengan Filsafat, Ilmu Kalam dan Tasawuf ?
2.    Apa titik persamaan dan perbedaan Filsafat, Ilmu Kalam dan Tasawuf ?
3.    Bagaimana hubungan Tasawuf dengan Ilmu Kalam ?
4.    Bagaimana hubungan Tasawuf dengan Filsafat ?

5.    Bagaimana hubungan antara Ilmu Kalam, Filsafat, dan Taswuf ?


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar