Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH PENGEMBANGAN KURIKULUM (KURIKULUM SUBJEK AKADEMIS, HUMANISTIK, REKONTRUKSI SOSIAL, DAN TEKNOLOGIS)

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
            Perkembangan konsep kurikulum selalu mengikuti perkembangan zaman dan pada setiap negara sangat terkait dengan kebijakan yang diambil oleh penguasa. Khususnya di Indonesia, selalu mengalami perubahan. Sesuai dengan tuntutan zaman sekarang ini yang mengharuskan setiap manusia siap, otomatis pendidikan mempunyai peranan yang amat penting. Pastinya baik, bermutu tidaknya sebuah instuisi pendidikan sangat bergantung pada sistem kurikulumnya.
            Banyak model yang digunakan dalam pengembangan kurikulum. Pemilihan satu model pengembangan kurikulum bukan saja didasarkan atas kelebihan dan kebaikan-kebaikannya serta kemungkinan pencapaian hasil yang optimal, tetapi juga perlu disesuaikan dengan sistem pendidika dan sistem pengelolaanpendidikan yang dianut serta model konsep pendidikan mana yang digunakan. Model pengembangan kurikulum dalam sistem pendidikan dan pengelolaan yang sifatnya sentralisasi berbeda dengan desentralisasi. Model pengembangan yang sifatya subjek akademis berbeda dengan kurikulum humanistik, teknologis dan rekotruksi sosial.
            Makalah ini mengulas tentang gambaran dari beberapa macam model konsep kurikulum tersebut. Oleh karena itu, untuk dapat memahami pembahasan mengenai hal-hal seperti yang telah dijelaskan di atas, maka akan kami uraikan pada bab berikutnya.
B.       Rumusan Masalah
         1.         Apa yang dimaksud dengan model kurikulum subjek akademis, humanistik, rekonstruksi sosial, dan teknologis?
         2.         Apa tujuan, isi, pendekatan, dan evaluasi dari model model kurikulum tersebut?

         3.         Bagaimana cara pengembangan model-model tersebut?


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar