Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN GURU (KOMPETENSI GURU)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
              Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya mewariskan nilai yang akan menjadi penolong dan penentu umat manusia dalam menjalani kehidupan, dan sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Tanpa pendidikan, maka diyakini bahwa manusia tidak jauh beda dengan hewan. Bahkan baik buruknya peradaban suatu masyarakat, suatu bangsa, akan ditentukan oleh bagaimana pendidikan yang dijalani oleh masyarakat bangsa tersebut.
              Guru merupakan faktor penentu kesuksesan setiap usaha pendidikan. Guru sebagai pendidik ataupun pengajar merupakan faktor penentu kesuksesan setiap usaha pendidikan. Itulah sebabnya setiap perbincangan mengenai pembaruan kurikulum, pengadaan alat-alat belajar sampai pada kriteria sumber daya manusia yang dihasilkan oleh usaha pendidikan, selalu bermuara pada guru.
              Seorang guru di masa sekarang bukan hanya sebagai pengajar melainkan juga sebagai pendidik, yang mampu memberikan makna terhadap berbagai fenomena yang terjadi. Peran guru melainkan sebagai fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran dan pemberi informasi belajar bagi siswa (Uus Ruswandi dan Bahrudin, 2010:15).
              Guru harus sungguh-sungguh dan baik dalam menguasai 4 kompetensi agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan menempuh pendidikan profesi selama satu tahun, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa: “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”.
B.     Rumusan Masalah
              Berdasarkan latar belakang diatas, maka untuk memahami masalah yang terjadi agar terbahas dengan jelas, maka ditemukan beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan Kompetensi?
2.      Ada berapakah Jenis-jenis Kompetensi?

3.      Bagaimana Karakteristik Kompetensi Guru?



KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar