Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH EVALUASI PEMBELAJARAN (VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES URAIAN)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Evaluasi memiliki arti penting dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh seorang guru. Diantara tujuan dari evaluasi adalah untuk menilai ketercapaian tujuan pendidikan oleh anak didik, sarana untuk mengetahui apa yang telah anak didik ketahui dalam kegiatan belajar mengajar, dan memotivasi anak didik. Untuk mengevaluasi hasil belajar dan proses belajar siswa, seorang guru menggunakan berbagai macam alat atau instrumen evaluasi seperti tes tertulis, tes lisan, ceklis-observasi, angket-wawancara, dan dokumentasi.
Keberhasilan mengungkap hasil dan proses belajar ini sebagaimana adanya (objektivitas hasil penilaian) sangat bergantung pada kualitas alat penilainya, di samping itu juga yang tidak kalah pentingnya tergantung pada cara pelaksanaannya. Suatu alat penilaian dikatakan mempunyai kualitas yang baik apabila alat tersebut memiliki atau memenuhi dua hal, yaitu validitas (ketepatan) dan reliabilitas (ketetapan atau keajegan) alat tes terjamin kualitasnya. Alat tes yang bagaimana dan seperti apa yang dikatakan memiliki validitas dan reliabilias ini, selanjutnya akan kita bahas dalam makalah ini berjudul “Validitas dan Reliabilitas Tes Uraian”.
B.     Rumusan Masalah
Adapun dari Latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah seperti berikut :

  1. Apa itu Validitas ?
  2. Apa saja yang Faktor mempengaruhi Validitas ?
  3. Bagaimana Jenis dan Teknik Mencari Validitas tes ?
  4. Apa Itu Reliabilitas Tes Uraian ?
  5. Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Reliabilitas ?
  6. Bagaiman Teknik Mencari Reliabilitas Tes Uraian ?


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar