Jumat, 10 April 2015

MAKALAH TASAWUF (NILAI AKHLAK)

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
Islam adalah agama yang benar. Agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk meluruskan aqidah dan akhlak umat manusia. Islam mengajarkan kita bagaimana berakhlak terpuji, baik dalam hidup bermasyarakat maupun dalam bernegara seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan yang baik (uswatun hasanah) yang patut dicontoh dan diikuti oleh umatnya. Seperti yang kita ketahui Rasulullah SAW memiliki sifat-sifat terpuji yaitu: siddiq (benar), amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan) dan Fatonah (cerdas).
Namun pada kenyataannya di zaman sekarang ini banyak sekali kita melihat orang yang beragama islam tetapi prilakunya tidak mencerminkan seorang muslim. Contohnya melakukan tindakan korupsi, kebiasaan mencontek yang dilakukan pelajar pada saat ujian, berprasangka buruk terhadap orang lain. sifat kejujuran di zaman ini sangat sulit untuk di dapatkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, orang yang seharusnya menjadi contoh yang baik (uswatun hasanah) bagi orang lain, bawahan maupun rakyatnya justru memberikan contoh yang sangat tidak baik. Dimana-mana korupsi merajalela, baik dari unsur pemerintahan maupun dari masyarakat, sifat ketidakjujuran ini akan membawa kesengsaraan kepada seluruh umat manusia. Perbuatan-perbuatan tersebut termasuk kedalam perbuatan tercela yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Rasulullah SAW telah memberikan kabar gembira kepada umat manusia tentang kejujuran ini bahwa dengan kejujuran kita akan di antarkan ketempat yang sangat di inginkan semua manusia yaitu surga. Apa yang di katakan rasulullah tersebut bukan hanya ucapan yang di buat-buatnya melainkan dari Allah SWT, apa yang dikatakan Allah SWT adalah sebuah janji kepada umatnya.
Adapun yang perlu diperhatikan dalam hal ini yang menyangkut akhlak pada manusia adalah para remaja yang pada saat ini cenderung terpengaruh oleh buduya-budaya luar dan kurangnya pendidikan moral sehingga menyebabkan seseorang kehilangan identitasnya sebagai seorang muslim yang baik. Contonya: dalam berpakaian, tingkah laku, khususnya bagi remaja putri banyak sekali kita melihat diluar sana remaja-remaja putri yang tidak menutup auratnya dalam berpakaian, seperti tidak menggunakan jilbab pada saat keluar rumah, menggunakan pakaian yang serba ketat, memakai rok mini, sehingga bisa menimbulkan fitnah. Kemudian dari segi pergaulan, remaja saat ini banyak sekali kita melihat pergaulannya yang tidak mencerminkan akhlak terpuji, seperti: mengkonsumsi narkoba, melakukan sex bebas, tauran dan lain sebagainya. Padahal mereka beragama islam tetapi prilakunya tidak mencerminkan sebagai seorang muslim.
Itulah yang menjadi pokok permasalahan saat ini bagaimana caranya genesasi-generasi penerus bangsa ini bersikap dan berprilaku akhlakul karimah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Supaya umat muslim ini mengerti dan mengetahui secara lengkap apa yang dimaksud dengan akhlak dan seberapa penting akhlak tersebut. Maka berdasarkan masalah di atas, penulis akan membuat makalah yang berjudul Nilai Akhlak.
B.     Rumusan masalah
1.      Bagaimana agar kita mengerti seberapa penting akhlak tersebut ?
2.      Bagaimana batasan dan ruang lingkup nilai akhlak ?

3.      Apa saja rentang nilai akhlak ?


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar