Jumat, 10 April 2015

MAKALAH TASAWUF (AKHLAK)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang Masalah
            Menurut etimologi kata akhlak berasal dari Bahasa Arab, bentuk jamak dari kata “khuluq” yang berarti tabi’at, budi pekerti, perangai atau tingkah laku. Sinonim Akhlak adalah etika dan moral. Sedangkan menurut terminologi Akhlak adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia, yang dari padanya lahir perbuatan. Perbuatan dengan mudah tanpa melalui proses pemikiran, pertimbangan, atau penelitian. Jika keadaan tersebut melahirkan perbuatan yang baik dan terpuji menurut pandangan akal dan hukum islam maka disebut Akhlak yang baik dan begitu sebaliknya.
            Kajian ilmu akhlak adalah semua perbuatan manusia yang timbul dari orang yang melaksanakan dengan : sadar, disengaja, mengetahui waktu melakukannya, sadar akan akibat yang ditimbulkannya.Objek kajian ilmu akhlak tingkah laku manusia dalam rangka menetapkan nilainya baik atau buruk. Atau, penyelidikan tentang tingkah laku dan sifat manusia baik sebagai individu maupun sebagai kelompok masyarakat.
            Setiap perilaku manusia didasarkan atas kehendak. Apa yang dilakukan manusia timbul dari kejiwaan. Walaupun pancaindra kesulitan melihat pada dasar kejiwaan, namun dapat dilihat dari wujud kelakuan. Maka setiap kelakuan pasti bersumber dari kejiwaan.
            Hubunngan ilmu akhlak dengan ilmu lainnya pada dasarnya setiap ilmu pengetahuan satu dan lainya saling berhubungan. Namun hubungan tersebut ada yang sifatnya berdekatan, yang pertengahan, dan ada pula yang agak jauh. Ilmu-ilmu yang hubunganya dengan ilmu akhlak dapat dikatagorikan berdekatan antara lain ilmu Tasawuf, Ilmu Tauhid, Ilmu Pendidikan, Ilmu Jiwa dan Filsafat. Ilmu-ilmu yang erat hubunganya dengan ilmu Akhlak.
            Tujuan akhlak adalah tercapainya kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat berdasarkan petunjuk al-Qur’an dan sunnah nabi. Sedangkan manfaatnya adalah dapat dijadikan panduan atau pedoman dalam melakukan sebuah tindakan, sehingga tindakan tersebut tetap berada dalam jalur yang benar, atau dalam konsep Islam secara spesifik untuk mendapat keridhaan dari Allah SWT, dalam kehidupan dunia dan akhirat.
B.     Perumusan Masalah
1.      Bagaimana pengertian Akhlak ?
2.      Bagaimana objek kajian persoalan Akhlak ?
3.      Bagaimana proses terbentuknya Akhlak ?
4.      Bagaimana hubungan Akhlak dengan ilmu lainnya ?
5.      Apa saja manfaat dan tujuan mempelajari Akhlak ?
C.     Tujuan Masalah
1.      Menjalaskan pengertian Akhlak
2.      Menjelaskan objek kajian persoalan Akhlak
3.      Menjelaskan proses terbentuknya Akhlak
4.      Menjelaskan hubungan Akhlak dengan ilmu lainnya

5.      Menjelaskan manfaat dan tujuan mempelajari Akhlak


KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar