Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH PENGEMBANGAN KURIKULUM (MODEL PENGEMBANGAN KTSP)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Pemerintah hanya memberikan rambu-rambu atau pedoman penyelengaraan kegiatan, diantaranya adalah melalui Standar Nasioanl  Pendidikan (PP. No. 19 Tahun 2005).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Merupakan modal kurikulum yang di berlakukan oleh pemerintah sebagai penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum ini lahir dengan tuntutan perkembangan yang menghendaki disentralisasi, otonomi, fleksibelitas,dan keluwesan dalam Penyelanggaraan Pendidikan. Kurikulum yang di buat oleh Pemerintah Pusat adalah Kurikulum Standar yang berlaku secara nasional, padahal kondisi sekolah pada umumnya sangat beragam. Oleh karena itu dalam implementasinya, sekolah dapat mengembangkan (memperdalam, memperkaya, memodifikasi) namun tidak boleh mengurangi isi kurikulum yang berlaku secara nasional.
Selain itu sekolah diberi kebebasan untuk mengembangkan kurikulum muatan local. Atas dasar inilah diberlakukan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai opersional sekolah, perlu diketahui bahwa seturut dengan lahirnya KTSP pemerintahan masih menggunakan ujian nasional untuk mengukur mutu sekaligus kelulusan siswa. Padahal dalam KTSP tidak dikenal ujian nasional, karena kurikukum tingkat satuan pendidikan merupakan kurikulum yang dikembangkan dari kebutuhan dan karakteristik sekolah.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan KTSP?
2.      Apa saja komponen-komponen KTSP?


3.      Bagaimana mengembangkan KTSP?
4.      Apa saja komponen-komponen silabus yang terdapat dalam KTSP?
5.      Bagaimana proses pengembangan silabus?
C.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari KTSP!
2.      Untuk mengetahui komponen-komponen yang berada di kurikulum KTSP!
3.      Untuk mengetahui cara mengembangkan KTSP!
4.      Untuk mengetahui komponen yang ada dalam silabus kurikulum KTSP!

5.      Untuk mengetahui pengembangan silabus dalam KTSP!



KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar